Selasa, 21 Mei 2013

TUNING

Tuning adalah salah satu bagian dari sebuah radio yang berfungsi untuk memilih salah satu frekuensi pemancar yang ada di udara ini. Komponen utama pada bagian ini adalah Varco (variable condensator). Bagaimana cara tuning memilih salah satu frekuensi dari pemancar radio? Caranya adalah dengan menggunakan prinsip resonansi. Kalian tahukan apa itu resonansi? Resonansi adalah peristiwa bergetarnya benda lain akibat getaran sebuah benda walaupun kedua benda tidak bersentuhan. Kenapa bisa bergetar? Karena terdapat kesamaan frekuensi antara kedua benda tersebut.

Berdasarkan prinsip resonansi itulah rangkaian tuning pada sebuah radio bekerja. Ketika kita memutar varco, maka kita merubah nilai kapasitansi dan induktansi yang ada pada rangkaian tuning tersebut sehingga menghasilkan sebuah frekuensi yang sama dengan frekuensi pada salah satu pemancar radio yang ada. Sebagai contoh, apabila kita ingin mendengarkan siaran dari pemancar radio yang bekerja pada frekuensi 97,9 MHz maka kita akan memutar varco sehingga nilai kapasitansi serta nilai induktansinya diubah sehingga menghasilkan frekuensi sebesar 97,9 MHz juga. Dengan demikian maka kita bisa mendengarkan siaran dari pemancar radio tersebut. Hal ini jugalah yang menyebabkan kita mendengar suara yang tidak jernih (seperti suara desis karena terdapat dua pemancar yang frekuensinya tercampur) apabila tidak terjadi resonansi antara frekuensi pada rangkaian tuning dengan frekuensi dari pemancar radio yang kita dengar.

Untuk mengetahui besar frekuensi resonansi dapat kita gunakan rumus:


Keterangan:

Fr adalah besar frekuensi resonansi

L adalah nilai induktansi

C adalah nilai kapasitansi


Contoh soal:
Hitunglah besar frekuensi resonansi pada sebuah rangkaian tuning apabila nilai induktansinya 9 µH dan nilai kapasitansinya 25 µF.

Dik: Nilai induktansi (L) = 9 µH = 9 . 10-6 H
        Nilai kapasitansi (C) = 25 µF = 25 . 106 F
Dit: frekuensi resonansi (Fr) = ..............


1 komentar:

  1. Itu jadi 10pangkat min12 nya dari 10pangkat min6 ditambah 10pangkat min6 ya ka?

    BalasHapus