Selasa, 29 Januari 2013

RESISTOR

Resistor adalah sebuah komponen pasif yang pada umumnya berfungsi untuk menghambat arus listrik. Adapun fungsi resistor dalam sebuah rangkaian yaitu:
1. Mengatur kuat arus listrik
2. Membagi tegangan
3. Sebagai unsur pemanas pada peralatan listrik


Secara umum jenis-jenis resistor terbagi atas 2 macam, yaitu:
1. Resistor tetap (fixed resistor)
2. Resistor variabel


Resistor tetap (fixed resistor) adalah resistor yang nilai tahanannya tetap atau tidak berubah. Resistor ini telah ditentukan nilai tahanannya oleh pabrik pembuatnya. Biasanya nilai tahanannya dapat ditentukan oleh kode warna yang ada di badannya.


Resistor variabel adalah resistor yang nilai tahanannya berubah-ubah. Yang termasuk resistor ini adalah trimpot dan potensiometer.

Trimpot (Trimmer Potensio) adalah resistor yang nilai tahanannya dapat diubah dengan cara memutar porosnya dengan obeng (trim). Nilai tahanan resistor ini tercantum pada badannya. Biasanya resistor ini digunakan pada rangkaian bel elektronika.



Potensiometer adalah resistor yang dapat mengubah nilai resistansinya dengan cara memutar batang as pada porosnya. Nilai tahanan resistor ini juga tertulis di badan resistor tersebut. Resistor ini juga sering digunakan sebagai volume pada rangkaian audio amplifier maupun radio.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar